Ahok Harus Segera Dieksekusi ke LP, Ini Alasannya

Terkait polemik soal proses pemindahan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama yang akrab disapa Ahok, Direktur Eksekutif Jenggala Center, Syamsuddin Radjab menuturkan, jika putusan pengadilan yang telah inkrach, Kejaksaan atau Jaksa penuntut umum atas perintah pengadilan harus melaksanakan eksekusi atas putusan yg inkrach itu dengan membawa dan memasukan terpidana ke Lembaga Pemasyarakan (LP) untuk menjalani hukuman.

" Hukuman itu sesuai vonis hakim yang sebelumnya, segala administrasi baik putusan vonis keadaaan terpidana, tempat penahanan selama menjalani persidangan/Status terdakwa seharusnya diserahkan Jaksa ke Pejabat Lembaga Pemasyarakatan," Syamsuddin, Kamis (15/6/2017)

Menurut Ollenk, sapaan akrabnya, Jaksa seharusnya selanjutnya menyerahkan terpidana Ahok ke Pejabat lembaga pemasyakatan (LP) untuk menjalani hukuman dan pembinaan.

"Seseoran selama menjalani pemeriksaan sejak berstatus tersangka, terdakwa ditahan di rumah tanan (rutan) baik kepolosian atau kejaksaan tapi saat telah vonis yang inkrach, harusnya dibawa ke penjara atau LP," ujar Ketua Presidium Kejaksaan Watch ini.

Rutan Mako Brimob atau Rutan Guntur disebut sebagai rutan pembantu dan hanya untuk penahanan sementara selama masa pemriksaan/pengadilan. Tapi setelah vonis harus dimasukkan ke LP, termasuk kasus yang menjerat Ahok.

Alasan Pengacara Ahok agar tetap ditahan di Mako Brimob dengan dalih adanya pengancaman merupakan dalih yang yang dibuat-buat.

"Ini terlalu imajinatif," kata mantan Ketua Umum PBHI ini.

"Tolong dibaca PP Nomor 27 tahun 1993 dan prinsip equality before the law harus ditaati," tandas Ollenk.





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer