Hormati Perayaan Hari Lebaran, Jadwal Misa Gereja Katedral Diubah

Indonesia memang memiliki banyak perbedaan suku, agama, etnik hingga budaya.

Perbedaan tersebut sudah menjadi ciri khas yang kuat akan keindahan bangsa Indonesia.

Apalagi, seluruh warganya mampu bersikap adil, rukun, dan saling menghargai satu sama lain.

Kerukunan antar agama kembali ditunjukan di Indonesia hingga menjadi viral di media sosial.

Sebuah gereja di Ibukota menunjukan rasa hormat mereka dengan mengubah jadwal misa demi mendukung terlaksananya Sholat Ied yang biasa dilakukan oleh umat Muslim pada Hari Raya Idul Fitri.

Perubahan jadwal tersebut baru pertama kali dilakukan oleh pihak gereja lantaran Lebaran tahun ini diperkirakan akan jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017.

Sholat Ied memang harus dilakukan di pagi hari sehingga umat Kristiani memutuskan untuk menyesuaikannya.

Perubahan jadwal misa itu diketahui dari pengumuman yang dipasang oleh Gereja Katedral, Jakarta.

Gereja Katedral memang cukup berdekatan dengan Masjid Istiqal, sehingga halaman gereja akan digunakan untuk mendukung terlaksananya Sholat Ied.

Dalam pengumuman tersebut tertulis bahwa jadwal misa diundur dan akan dilaksanakan sedikit lebih siang dari biasanya.

"Halaman Gereja Katedral dipakai untuk mendukung terlaksananya kegiatan saudara kita kaum Muslim maka, jadwal misa Minggu, 25 Juni 2017 diubah menjadi: Pagi hari (10.00 WIB & 12.00 WIB) dan Sore hari (17.00 WIB & 19.00)," tulis pengumuman tersebut.Pengumuman perubahan jadwal misa (Facebook)

Pengubahan jadwal itu juga dibenarkan oleh Kepala Paroki Gereja Karedral Jakarta, Romo Hani Rudi Hartoko.

"Kami memahami umat Muslim hanya ada 1 waktu serentak untuk Shalat Id. Sedangkan misa bisa menyesuaikan diri karena ada beberapa kali, beberapa hari Minggu," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (18/6/2017)."Bertetangga yang baik dan tulus sebagai sesama anak bangsa. Untuk saling menghormati dan ikut bergembira di hari yang Fitri ini sungguh sangat menggembirakan," tambah Romo Hadi seperti dikutip oleh Kompas.com, Minggu (18/6/2017).

(TribunWow.com/Claudia N)





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer