MALAYSIA KALANG-KABUT, PROMOSI PARIWISATA INDONESIA TURUNKAN JUMLAH TURUS KE MALAYSIA!



Berbagai strategi yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk menggenjot sektor pariwisata berbuah sukses ganda.

Selain berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan, berbagai strategi itu juga sukses menggerus ceruk pasar negara pesaing.

Salah satunya adalah Malaysia yang keteteran menghadapi gencarnya promosi pariwisata Indonesia.

Wakil Presiden Inbound and Domestic Malaysian Association of Tours and Travel Agents (Matta) Datuk KL Tan mengatakan, jumlah wisatawan dari Tiongkok dan India yang berkunjung ke Malaysia mengalami penurunan.

Dia mengakui, penurunan tersebut disebabkan promosi agresif yang dilakukan Indonesia, Thailand, dan Singapura.

"Negara-negara itu telah meningkatkan promosi mereka dan menargetkan wisatawan Tiongkok dan India,” terang Tan pada New Strait Times beberapa waktu lalu.

Tan juga menyoroti strategi cerdas pemerintah Indonesia yang memperpanjang kebijakan bebas visa.

“Turis India turun secara signifikan karena banyak negara seperti Indonesia telah memperpanjang free visa on arrival pada warga India yang datang,” imbuh Tan.

Tak hanya itu, Malaysia makin keteteran karena pemerintah Indonesia memiliki hubungan yang solid dengan perusahaan swasta. Salah satunya dengan AirAsia.

"Maskapai penerbangan mereka sudah mulai terbang langsung. AirAsia X Indonesia memulai penerbangan langsung dari Bali ke Mumbai dan Bali ke Kochi. Ini mengurangi peluang penumpang lewat Kuala Lumpur, " kata Tan.

Berbagai langkah cerdas yang ditempuh pemerintah Indonesia akhirnya benar-benar membuat Malaysia tak berdaya.

“Turis India anjlok 35,1 persen pada kuartal pertama 2017 dibandingkan 11,6 persen sepanjang tahun lalu,” imbuh pria berkacamata itu.

JPNN.COM





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer