Mengejutkan! Di Luar Perkiraan Seperti Ini Jadwal Cuti Bersama Lebaran Ketetapan Presiden Jokowi

Berbeda dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatue Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Presiden Joko Widodo menetapkan jadwal cuti bersama.

Sebelumnya, sesuai SKB tiga menteri tersebut, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438H jatuh pada 27, 28, 29, dan 30 Juni 2017.

Melansir setkab.go.id, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama Tahun 2017, Presiden Jokowi menetapkan cuti bersama tahun 2017, yaitu pada tanggal 23, 27,28,29, dan 30 Juni 2017 (Jumat, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jum’at) sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah dan tanggal 26 Desember 2017 (Selasa) sebagai cuti bersama Hari Raya Natal.

Beredar Kabar Hari Kelahiran Pancasila Jadi Hari Libur Nasional, Ternyata Begini Faktanya!

“Cuti bersama sebagaimana dimaksud pada Diktum PERTAMA tidak mengurangi hak cuti tahunan Pegawai Negeri Sipil,” bunyi Diktum KEDUA Keppres tersebut.

Penambahan tanggal 23 Juni sebagai hari cuti, awalnya muncul dari surat yang diterbitkan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kepada Sekretaris Kementerian PAN-RB.

Dalam surat itu menyebutkan adanya kesepakatan untuk menambah satu libur bersama, yaitu pada 23 Juni 2017.

"Pengesahan penambahan cuti lebaran itu diatur dalam Keputusan Presiden. Dan hari ini, Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres dimaksud," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman, Kamis (15/6/2017).

Catat! 5 Hal ini Terlihat Sepele, Tapi Jangan Dilakukan saat Kamu Berlibur di Korea Selatan

Melansir setneg.go.id, Keppres ini didasari oleh Pasal 333 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Teten Masduki mengatakan, kebijakan cuti bersama itu bagus untuk umat Muslim di Indonesia.

Tujuannya untuk memberikan waktu kepada umat Islam yang biasanya pada akhir Ramadhan melakukan itikaf di masjid.

Kebijakan ini juga memberikan ruang agar masyarakat bisa menjalankan ibadah bersama keluarga.

"Untuk pemudik, mereka juga bisa mengatur waktu mudik untuk menghindari puncak kemacetan," lanjut dia. (TribunWow.com/Tinwarotul Fatonah)





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer