Ayah Najwa Shihab Di Depan Gus Mus Beberkan Siapa Yang Disebut Kafir

"Siapa sebenarnya kafir itu?" Pertanyaan tersebut dilempar oleh Najwa Shihab, tuan rumah acara televisi Mata Najwa. Pertanyaan mengenai kafir ini ia tulis mengiri sebuah unggahan video di laman Instagramnya pada 19 Juni 2017 lalu. Video tersebut merupakan cuplikan wawancara dalam program Mata Najwa yang mendatangkan Gus Mus dan Quraish Shihab sebagai bintang tamu.

Tentu saja ini menjadi momen langka sepanjang program Mata Najwa. Bukan hanya karena Quraish Shihab adalah ayah dari Najwa, tetapi juga karena kehadiran tokoh islam kenamaan, Gus Mus. Acara yang bertemakan 'Cerita Dua Sahabat' ini rupanya sempat menyinggung mengenai isu SARA di tanah air.

"Kata kafir itu ringan sekali diucapkan, gampang sekali mengkafirkan orang. Kafir itu siapa?" tanya Najwa kepada kedua tamunya.

Pertanyaan tersebut dijawab dengan lantang oleh Quraish Shihab atau akrab disapa Abi Quraish.


"Kafir bisa berarti yg mengingkari agama, kafir bisa berarti munafik, kafir itu pada dasarnya berarti menutup, kalo anda menutup kebenaran anda kafir," kata Abi Quraish dalam cuplikan wawancara tersebut.

"Tapi karena secara umum orang memahami kafir itu keluar dari islam, maka datang larangan nabi. Jangan mengkafirkan orang," lanjutnya.

"Nabi melarang?" tanya Najwa menegaskan.

"Nabi melarang, siapa yang mengkafirkan orang padahal orang itu tidak kafir maka tuduhannya kembali padanya," jawab mantan menteri agama itu.

"Kafir. Belakangan ini ringan sekali kata itu diucapkan. Siapa sebenarnya "kafir" itu? #MataNajwa CERITA DUA SAHABAT eps 1 RABU, 21 Juni 2017, pukul 20:05 WIB @metrotv - #catatannajwa #abiQuraish #gusmus #matanajwa #najwashihab #Cerita2Sahabat" tulis Najwa mengiri unggahannya

Tak pelak, menyaksikan video tersebut, banyak warganet yang terinspirasi.

"Sangat inspiratif. Setiap sahur selalu nonton Pak de Quraish Shihab. Pesan2 yg disampaikan sangat mudah dipahami. Semoga sehat selalu," tulis akun @hilman.fikri.

"Kok merasa lega,adem,sejuk yaaa nonton episode yg ini," kata akun @riandasaragi.

"jawabannya manteb pinter sumpah 100%jozzzzzx," kata akun @chen_mamy.

" .. berbalik kepada yang sembarang mengucapkan .. " kata2 yg sangat mendalam dari seorang yg sungguh2 berisi," tulis akun @xplore_indonesia.

"Mba Nana aku ngefans banget sama mba nana yang cantik pinter, cerdas banget keren lah, sama abi Quraish juga ngefans karena beliau ulama yang mendamaikan hati umat... trimakasih mba Nana dan Abi Quraish (emoji)," tambah akun @ranyandari.

Namun, ada pula yang menuliskan komentar bernada kontra terhadap pernyataan Abi Quraish.

"Coba pertnyaannya dignti dengan "jika ada yang membawa salah satu ayat Al-Quran dalam kampanye dengan kata dibohongi" tanggapan beliau sprt apa???" tulis akun @iamsab7

"Wahabi ngapain nongol disini.. ilmu nte dr google sok mau dakwah hhaaa @faisalmuh_alluwukyi Nabi melarang menyebut kafir terhadap siapa saja," tulis akun @sarah.azhelianasution





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer