Djarot: Saya Baru Tahu Ahmad Dhani Paham Tentang Arkeologi dan Kemuseuman

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menilai positif musisi Ahmad Dhani menjadi anggota tim kerja untuk gubernur dan wakil gubernur terpilih DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sebagai musisi, Dhani menjadi anggota tim kerja di bidang wisata dan budaya.

Dhani pun ingin menjadikan Jakarta sebagai kota museum. Dia telah mengusulkan hal tersebut kepada Sandiaga.

Menanggapi hal tersebut, Djarot mengaku kaget dan baru tahu bahwa pentolan band Dewa 19 itu paham soal arkeolog dan museum.

"Oh bagus dong, harus disambut gembira, bagus. Saya baru tahu kalau beliau itu juga paham tentang arkeologi, paham tentang kemuseuman. Pemikiran-pemikiran positif semuanya harus ditampung, bagus," kata Djarot kepada wartawan di kantor Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (4/7/2017).

Namun Djarot mengatakan jika saat ini kota Jakarta telah mempunyai Tim Ahli Cagar Budaya yang melibatkan pihak-pihak yang mengerti tentang kebudayaan.

"Kami sudah punya namanya tim ahli cagar budaya yang melibatkan para pakar dari berbagai macam universitas. Salah satunya profesor dari UI," kata Djarot.

Saat ini Djarot telah menyusun Pergub tentang penentuan atau pengembangan kawasan cagar budaya di Sunda Kelapa, Pasar Ikan, sampai dengan Kota Tua. Isi pergub itu mengatur dan menjadi panduan bagi pembenahan terhadap kawasan-kawasan bersejarah di Jakarta.

"Jadi kalau mau ada Dewan Museum, Pak Ahmad Dhani ya, oh bagus. Artinya beliau punya ketertarikan, punya disiplin ilmu tentang masalah permuseuman, arkeologi, ya bagus," kata Djarot.

Soal ucapan Ahmad Dhani yang mengatakan jika gubernur DKI sebelumnya tidak mengerti soal museum, Djarot menanggapi dengan santai.

"Saya gubernur terdahulu, enggak apa-apa. Orang dia lebih ahli kok. Tanya aja pada ahlinya, beliau lebih ahli, tanya dia," kata Djarot.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Dhani bersama Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon akan membentuk dewan museum yang bertugas menata museum-museum sehingga Jakarta bisa menjadi kota museum.

"Dewan museum akan menjadikan Jakarta menjadi kota museum di Indonesia. Selama ini belum ada kota museum di Indonesia. Kami akan buat Jakarta sebagai kota museum," ujar Dhani di Cheers Residential Graha RSPP, Jakarta Selatan, Minggu (2/7/2017).

Dhani menuturkan, dewan museum nantinya akan diisi oleh orang-orang yang ahli di bidang tersebut.

Dhani menyebut dirinya sebagai salah satu orang yang paham soal museum. Sebab, dia memiliki ketertarikan untuk mendalami hal-hal berbau sejarah dan barang-barang museum.

Menurut Dhani, pengelolaan museum di Jakarta masih kalah jauh bila dibandingkan dengan Kota Batu, Jawa Timur, yang memiliki Museum Angkut.

Dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang lebih besar, kata Dhani, Jakarta seharusnya memiliki museum yang lebih maju dibandingkan Batu.

"Museum sebagai industri masih kalah. Kota Batu lebih maju dalam hal museum," kata dia.

Tak hanya mengelola museum-museum yang sudah ada di Jakarta, dewan museum juga kemungkinan membuat museum baru di Jakarta yang mengoleksi barang-barang unik. Dhani menyebut, konsep Museum Angkut juga bisa menjadi contoh untuk direalisasikan di Jakarta.

"Tidak menutup kemungkinan misalnya museum baru, misalnya museum gitar dunia. Jadi masyarakat bisa melihat gitar dari tahun 1920, 1930, bisa dinikmati orang Jakarta," ucap Dhani.

Dhani kini menjadi anggota tim kerja wisata dan budaya yang merupakan bagian dari tim pengarah Anies-Sandi.

Istri Dhani, Mulan Jameela, juga menjadi anggota dalam tim kerja wisata dan budaya tersebut. Sandi menyambut baik usulan Dhani tersebut. Museum bisa menjadi destinasi wisata yang berkembang apabila Jakarta dijadikan kota museum.

"Alangkah baiknya kalau misalnya ada suatu dewan untuk melihat bagaimana museum-museum ini bisa terus berkembang dan kalau Jakarta bisa jadi kota museum itu akan menjadi alternatif wisata," ujar Sandi.





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer