FOTO: Menuju Pembantaian! Pemandangan Seru Jelang 'Thanksgiving' Minahasa

MANADO - Di kalangan warga Minahasa di Sulawesi Utara, tradisi 'Thanksgiving' atau pengucapan syukur selalu ditunggu-tunggu setiap tahun.

Tradisi ini semangat awalnya adalah momen dimana warga mengucap syukur kepada Tuhan untuk berkat yang sudah diberikan selama setahun, melalui hasil panen, usaha pekerjaan, dan lain sebagainya.

Di Minahasa sendiri, tradisi Thansgiving dibuat berjadwal.

Seperti hari Minggu kemarin (2/7/2017), adalah jadwal dari Kabupeten Minahasa Tenggara.

Untuk Minahasa Selatan akan digelar tanggal 9 Juli 2017, sedangkan Kabupaten Minahasa akan digelar tanggal 23 Juli 2017.

Tradisi Thanksgiving Minahasa tak pernah lepas dari menu kuliner daging esktrem.

Sebut saja, ular piton (ular patola), tikus, kelelawar, dan anjing.

Menu-menu daging esktrem ini sudah menjadi keharusan ada di meja jamuan untuk tamu, kalau tidak, sepertinya ada yang kurang.

Jurnalis Tribun Manado berkesempatan mengabadikan foto sebuah mobil pick up yang sudah dimodifikasi baknya berbentuk kandang teralis, diisi penuh anjing kampung.

Mobil ini melintas di Jalan Kawangkoan Minahasa untuk selanjutnya dibawa ke pasar.(TRIBUNMANADO/RYO NOOR)

Jelang Thanksgiving, permintaan daging anjing meningkat.

Di Minahasa sendiri, daging anjing akan diolah menjadi menu yang akrab disebut 'RW', yaitu menu daging anjing diolah dengan rempah-rempah melimpah dengan rasa super duper pedas.

Di pasar ekstrem seperti Langowan, Tondano, dan Kawangkoan, anjing-anjing ini kemudian akan 'dibantai' dengan cara dipukul kepalanya menggunakan besi. (TRIBUNMANADO/RYO NOOR)

Anjing yang sudah mati kemudian akan dibakar untuk membersihkan bulunya.

Penjual kemudian akan memotong daging anjing sesuai ukuran.

Dalam sekilo, daging anjing dijual lebih mahal dari daging babi, dengan harga di atas Rp 50 ribu per kilogram. (Tribun Manado/Ryo Noor/Fransiska Noel)





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer