Kompolnas Bingung Di Mana Letak Ujaran Kebencian pada Video Kaesang

Tiga komisioner Kompolnas kompak menilai tidak ada unsur ujaran kebencian dalam video blog (vlog) Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo, berjudul #BapakMintaProyek. Mereka 'senada' dengan penyidik Polres Bekasi Kota.

Diketahui, polisi menghentikan penyelidikan, terkait laporan warganet bernama Muhammad Hidayat yang menilai Kaesang mengujarkan kebencian lewat kata 'ndeso'.

"(Unsur pidana) Sangat tergantung dari penilaian penyidik. Karena tidak semua laporan masyarakat, di mana masyarakat menganggap sebagai tindak pidana, adalah benar sebagai tindak pidana," kata Komisioner Kompolnas Bekto Suprapto kepada detikcom, lewat pesan singkat Whatsaap, Jumat (7/7/2017).

Komisioner lainnya, Poengky Indarti menyatakan setuju tidak ada hatespeech yang diucapkan anak bungsu presiden itu. "Kalau dianggap tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan perkaranya ya harus dihentikan. Kami melihat memang tidak ada unsur pidananya," ujar Poengky.

Andrea Hynan Poeloengan yang juga duduk di jajaran komisioner mengucapkan hal yang sama dengan dua rekannya. Dia mengaku bingung menemukan kalimata mana dalam video Kaesang yang berbau ujaran kebencian.

"Saya sudah menonton video tersebut dan saya bingung di mana ujaran kebenciannya?" tandas Andrea.

Wakapolri Komjen Syafruddin menyatakan tidak ada unsur pidana dalam laporan M Hidayat terhadap Kaesang Pangarep, putra Presiden Jokowi. Laporan itu tidak diproses.

"Tidak ada unsur. Tidak diproses," kata Syafruddin di Istana Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Kamis (6/7/2017).

Syafruddin menyebut pelaporan terhadap putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengada-ada. Alasannya tidak ada unsur pidana terkait vlog 'Ndeso' Kaesang.

"Enggak, enggak ada, enggak ada (unsur pidana). Itu mengada-mengada. Enggak ada kaitannya sama sekali. Enggak ada unsurnya itu, enggak ada," ujar Syafruddin.






Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer